ikan Tarpon

Tarpon adalah jenis ikan besar dari genus Megalops; satu spesies asli ke Atlantik,dan lainnya ke Indo-Pasifik Oceans. Mereka adalah satu-satunya anggota keluarga Megalopidae

Ada dua spesies ikan tarpon adalah Megalops atlanticus (tarpon Atlantik) dan Megalops cyprinoides (tarpon Indo-Pasifik).
Megalops atlanticus
  • Megalops atlanticus, ditemukan di baratpantai Atlantik dari Virginia ke Brasil, seluruh pesisir Teluk Meksiko, dan seluruh Karibia. Juga ditemukan di sepanjang pantai Atlantik timur dari Senegal ke Selatan Angola.
  • Megalops cyprinoides
  • Megalops cyprinoides, ditemukan di sepanjang pantai Afrika timur, seluruh tenggara Asia, Jepang, Tahiti, dan Australia.Kedua spesies yang ditemukan di kedua air asin dan air tawar habitat, biasanya naik sungai untuk mengakses rawa-rawa air tawar. Mereka mampu bertahan di air payau, air dari berbagai pH, dan habitat dengan rendah terlarut O, dan karena kantung renang mereka, yang mereka gunakan terutama untuk bernapas. Mereka juga mampu naik ke permukaan dan mengambil teguk dari udara, yang memberikan mereka ledakan singkat energi. Habitat tarpons sangat bervariasi dengan tahap perkembangan mereka. Tahap-satu larva biasanya ditemukan di jelas, hangat, perairan laut, relatif dekat dengan permukaan. Tahap-dua dan larva -tiga ditemukan di rawa-rawa garam,kolam pasang surut, sungai, dan sungai. Habitat yang khas hangat, dangkal, tubuh gelap air dengan dasar lumpur berpasir. Tarpons umum naik sungai menjadi air tawar. Saat mereka maju dari tahap remaja ke dewasa, mereka pindah kembali ke perairan terbuka laut, meskipun banyak tetap berada di habitat air tawar.
Tarpon bisa tumbuh sekitar 4-8 kaki panjang dan berat 60-280 lbs. Mereka memiliki dorsal dan anal sinar lembut dan memiliki punggung kebiruan atau kehijauan. Tarpons memiliki garis lateral yang khas dan memiliki mengkilap, sisik keperakan yang menutupi sebagian tubuh mereka, termasuk kepala. Mereka memiliki mata besar dengan kelopak mata adiposa yang membantu mereka melihat di malam hari, mulut lebar dengan rahang yang lebih rendah menonjol yang menganjur lebih jauh dari bawah wajah.

Tarpons melompat keluar dari air sekitar empat kali ketika terhubung membuat mereka sangat sulit untuk ditangkap. Perilaku ini juga dapat merusak konsentrasi pemancing sebelum mereka ketagihan karena mereka juga bisa melompat tanpa peringatan.

Tahap-satu berkembang Megalops tidak mencari makanan, melainkan menyerap nutrisi dari air laut menggunakan penyerapan yg menutupi. Tahap-dua dan remaja -tiga makan terutama pada zooplankton, tetapi juga memakan serangga dan ikan kecil. Saat mereka kemajuan dalam pengembangan remaja, terutama yang berkembang di lingkungan air tawar, konsumsi serangga, ikan, kepiting, udang dan rumput meningkat. Dewasa secara ketat karnivora dan memakan midwater mangsa; mereka menelan seluruh makanan mereka dan berburu nokturnal.


related

Tidak ada komentar:

Posting Komentar