Lar Gibbon (Hylobates lar)

Hylobates larLar gibbon
Lar Gibbon (Hylobates lar), atau juga dikenal sebagai white-handed gibbon (Siamang tangan putih atau Owa-owa tangan putih), adalah primata di Hylobatidae atau keluarga siamang atau owa-owa. Primata ini yang paling terkenal dan sering terlihat di kebun binatang.

Warna bulu Lar gibbon, bervariasi dari hitam dan gelap, coklat sampai coklat muda, warna berpasir. Tangan dan kaki berwarna putih, terapat garis cincin rambut putih mengelilingi wajahnya yang hitam. Jantan dan betina bisa menjadi semua varian warna, dan jenis kelamin juga tidak berbeda dalam ukuran. Gibbons adalah brachiators, mendorong diri mereka sendiri di hutan dengan mengayunkan tubuh dengan bantuan tangan dari cabang ke cabang. Mereka memiliki lengan yang panjang dan kaki yang relatif pendek. Ekor tidak bergfungsi sebagaimana jenis kera pada umumnya. 

Klasifikasi:
Class:        Mammalia
Order:       Primates
Family:      Hylobatidae
Genus:      Hylobates
Species:    Hylobates lar,
(Linnaeus, 1771)

Lar gibbon di Cincinnati Zoo
Lar gibbon tersebar di Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar dan Thailand. Kisaran sejarah mereka diperpanjang dari barat daya China ke Thailand dan selatan Burma untuk seluruh Semenanjung Malaya hutan tropis. Di Indonesia terdapat di pulau Sumatera dan Kalimantan. Dalam beberapa dekade terakhir, Lar gibbon kemungkinan punah di Cina, tapi diduga masih ada di barat daya Yunnan. 

Lar gibbon biasanya hidup di hutan dataran rendah, walaupun sebenarnya juga ada yang hidup di dataran tinggi, hutan gugur campuran bambu, dan hutan cemara musiman. Mereka tidak biasanya ditemukan lebih tinggi dari 1200 meter di atas permukaan laut.  

The lar gibbon bisa ditemukan hidup dengan primata lainnya, seperti Orangutan (Pongo pygmaeus), Siamang (S. syndactylus), Pileated owa (Hylobates pileatus), Lutung wajah ungu (Trachypithecus spp.), Lutung Thomas (Presbytis Thomasi), Kukang (Nycticebus coucang) dan beberapa kera (Macaca spp.).

Lar gibbon Putih dan Hitam
Lar gibbon adalah pemakan buah, 50% buah, 29% daun, 13% serangga dan 9% bunga. Di alam liar, Lar gibbon makan berbagai macam makanan, termasuk buah ara dan buah kecil lainnya, buah-buahan manis, buah liana, pohon buah-buahan dan biji-bijian, serta daun muda, tunas dan bunga, tunas baru, tanaman merambat, tunas pohon anggur, dan serangga, termasuk mantid dan tawon, dan bahkan telur burung.


Perkawinan terjadi setiap bulan dalam setahun, namun konsepsi sebagian besar terjadi selama musim kemarau pada bulan Maret, dengan puncaknya pada kelahiran selama musim hujan akhir, pada bulan Oktober. Kehamilan adalah 6 bulan. Lar gibbon muda dirawat oleh induknya selama kurang lebih dua tahun, dan kedewasaan penuh sekitar 8 tahun. Hidup Lar gibbbon di alam liar sekitar 25 tahun.

Kehidupan Lar gibbon terancam dengan adanya perburuan, yang diburu untuk dagingnya, juga untuk peliharaan serta dijual ke luar daerah. Selain itu habitat mereka juga terancam dengan adanya pembukaan hutan untuk pembangunan jalan, perladangan berpindah, ekowisata, peternakan, kebakaran hutan, penebangan oleh pemerintah, penebangan liar, pemukiman desa baru dan perkebunan kelapa sawit.

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar