Ditemukan Spesies Baru Lumbalumba di Australia


Para peneliti di Australia telah menemukan bahwa koloni lumba-lumba yang hidup di sekitar Melbourne adalah spesies baru dan tidak seperti yang lain di dunia, mereka mengungkapkan pada hari Kamis.
Lumba-lumba yang bermain-main di Port Phillip Bay dan Danau Gippsland, berjumlah sekitar 150, pada awalnya dianggap salah satu dari dua spesies botol .
Tapi Monash University PhD peneliti Kate Charlton-Robb menemukan bahwa lumba-lumba tersebut berbeda dengan membandingkan tengkorak, DNA dan sifat fisik dengan spesimen sejak tahun 1900-an.
Dia telah menamai mereka Tursiops australis, meskipun mereka umumnya akan dikenal sebagai lumba-lumba Burrunan, nama Aborigin yang berarti ikan laut besar jenis lumba-lumba.
“Ini adalah penemuan yang sangat menarik seperti hanya ada tiga spesies lumba-lumba yang baru resmi dijelaskan dan diakui sejak 1800-an,” kata Charlton-Robb penelitiannya, yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One.
“Apa yang membuat ini bahkan lebih menarik adalah spesies lumba-lumba telah tinggal tepat di bawah hidung kita, dengan hanya dua populasi penduduk dikenal yang tinggal di Port Phillip Bay dan Danau Gippsland di negara bagian Victoria.”
Penelitian ini mengandalkan sebagian pada tengkorak lumba-lumba analisis dikumpulkan dan dipelihara oleh museum selama abad terakhir, khususnya kepemilikan di Museum Victoria.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar